Rahasia Membuat Sop Iga Sapi Bening Ala Resto, Gurih dan Nikmat


Rahasia Membuat Sop Iga Sapi Bening Ala Resto, Gurih dan Nikmat

Resep sop iga sapi bening ala resto adalah cara pembuatan sop iga sapi dengan kuah bening yang memiliki cita rasa seperti yang disajikan di restoran. Contoh resep ini dapat berupa takaran dan langkah-langkah membuat sop iga yang menghasilkan kuah bening, menggunakan bumbu seperti bawang putih, bawang merah, merica, pala, dan jahe.

Resep ini relevan karena banyak orang menyukai sop iga sapi bening, dan dengan resep ala resto, mereka dapat membuatnya sendiri di rumah. Manfaat dari resep ini adalah menghasilkan hidangan yang lezat dan bergizi, serta mudah diikuti. Salah satu perkembangan historis dalam resep sop iga sapi bening adalah penggunaan berbagai rempah dan bumbu, yang berasal dari pengaruh kuliner dari berbagai daerah.

Dalam artikel ini, kami akan membahas lebih lanjut tentang resep sop iga sapi bening ala resto, termasuk bahan-bahan yang digunakan, langkah-langkah pembuatan, dan tips untuk menghasilkan sop dengan kuah yang bening dan lezat.

resep sop iga sapi bening ala resto

Resep sop iga sapi bening ala resto sangat penting karena menyajikan panduan langkah demi langkah untuk membuat sup iga sapi bening yang lezat. Berbagai aspek penting yang terkandung dalam resep ini meliputi:

  • Bahan-bahan
  • Takaran
  • Langkah-langkah pembuatan
  • Tips
  • Jenis iga sapi
  • Jenis kuah
  • Bumbu dan rempah
  • Lama memasak
  • Penyajian

Dengan memahami aspek-aspek ini, kita dapat membuat sop iga sapi bening ala resto dengan hasil yang sempurna. Misalnya, pemilihan jenis iga sapi yang tepat, seperti iga sapi bagian short ribs, akan menghasilkan tekstur daging yang empuk. Penggunaan bumbu dan rempah yang sesuai, seperti bawang putih, bawang merah, dan jahe, akan memberikan cita rasa yang kaya. Takaran yang tepat dan lama memasak yang cukup akan menghasilkan kuah bening yang gurih dan daging yang empuk. Penyajian yang menarik dengan tambahan pelengkap seperti bawang goreng dan seledri akan menambah kelezatan sop iga sapi bening.

Bahan-bahan

Bahan-bahan merupakan aspek penting dalam resep sop iga sapi bening ala resto karena menentukan rasa, tekstur, dan kualitas sup yang dihasilkan. Bahan-bahan yang digunakan dalam resep ini terdiri dari berbagai jenis, mulai dari daging sapi, sayuran, bumbu, dan rempah.

  • Jenis Daging Sapi

    Jenis daging sapi yang digunakan untuk sop iga sapi bening ala resto biasanya adalah iga sapi bagian short ribs. Bagian ini memiliki tekstur daging yang empuk dan berlemak, sehingga menghasilkan kuah sup yang gurih dan kaya rasa.

  • Jenis Sayuran

    Sayuran yang umum digunakan dalam sop iga sapi bening ala resto adalah wortel, kentang, dan seledri. Sayuran-sayuran ini memberikan rasa manis, tekstur renyah, dan aroma yang segar pada sup.

  • Jenis Bumbu

    Bumbu yang digunakan dalam sop iga sapi bening ala resto antara lain bawang putih, bawang merah, dan jahe. Bumbu-bumbu ini memberikan rasa gurih, harum, dan sedikit pedas pada sup.

  • Jenis Rempah

    Rempah yang digunakan dalam sop iga sapi bening ala resto antara lain merica, pala, dan kayu manis. Rempah-rempah ini memberikan aroma yang khas dan memperkaya rasa sup.

Dengan pemilihan bahan-bahan yang tepat dan berkualitas, kita dapat menghasilkan sop iga sapi bening ala resto yang lezat dan menggugah selera. Selain bahan-bahan yang disebutkan di atas, terdapat beberapa bahan tambahan yang dapat digunakan untuk memperkaya rasa sup, seperti tomat, daun bawang, dan kemiri.

Takaran

Takaran merupakan aspek penting dalam resep sop iga sapi bening ala resto karena menentukan keseimbangan rasa, tekstur, dan kualitas sup yang dihasilkan. Takaran yang tepat akan menghasilkan sup yang lezat, gurih, dan tidak keasinan atau hambar.

  • Takaran Daging dan Sayuran

    Takaran daging dan sayuran harus seimbang agar rasa dan tekstur sup tidak didominasi oleh salah satu bahan. Umumnya, takaran daging iga sapi adalah sekitar 500 gram untuk 1 liter air, sedangkan takaran sayuran sekitar 250-300 gram.

  • Takaran Bumbu dan Rempah

    Takaran bumbu dan rempah harus disesuaikan dengan selera dan jenis bumbu yang digunakan. Namun, sebagai panduan, untuk 1 liter air, dapat digunakan sekitar 3-5 siung bawang putih, 2-3 siung bawang merah, dan 1 ruas jahe.

  • Takaran Air

    Takaran air sangat berpengaruh pada kekentalan sup. Untuk sop iga sapi bening ala resto, takaran air yang digunakan biasanya sekitar 1-1,5 liter. Takaran ini dapat disesuaikan sesuai selera, apakah ingin menghasilkan sup yang lebih kental atau lebih encer.

  • Takaran Garam

    Takaran garam harus disesuaikan secara bertahap sambil mencicipi rasa sup. Umumnya, untuk 1 liter air, dapat ditambahkan sekitar 1-2 sendok teh garam. Namun, perlu diperhatikan bahwa takaran ini dapat bervariasi tergantung pada jenis garam yang digunakan.

Dengan memperhatikan takaran yang tepat, kita dapat menghasilkan sop iga sapi bening ala resto yang memiliki cita rasa yang seimbang, gurih, dan menggugah selera. Takaran yang tepat juga akan menghasilkan tekstur sup yang pas, tidak terlalu kental atau terlalu encer, serta daging yang empuk dan sayuran yang matang sempurna.

Langkah-langkah pembuatan

Langkah-langkah pembuatan merupakan aspek penting dalam resep sop iga sapi bening ala resto karena menentukan keberhasilan dalam menghasilkan sup yang lezat dan berkualitas. Langkah-langkah yang tepat akan menghasilkan sup yang gurih, bening, dan daging yang empuk.

  • Persiapan Bahan

    Persiapan bahan meliputi membersihkan, memotong, dan mengolah bahan-bahan yang akan digunakan, seperti daging, sayuran, bumbu, dan rempah. Persiapan yang baik akan menghasilkan sup yang lebih sedap dan menarik.

  • Menumis Bumbu

    Menumis bumbu bertujuan untuk mengeluarkan aroma dan rasa dari bumbu yang digunakan. Dalam sop iga sapi bening ala resto, bumbu yang ditumis biasanya bawang putih, bawang merah, dan jahe. Menumis harus dilakukan dengan api kecil agar bumbu tidak gosong.

  • Merebus Daging

    Merebus daging merupakan tahap utama dalam pembuatan sop iga sapi bening ala resto. Daging iga sapi direbus dalam air hingga empuk dan mengeluarkan kaldu yang gurih. Lama merebus tergantung pada jenis dan ukuran daging yang digunakan.

  • Menambahkan Sayuran

    Sayuran seperti wortel, kentang, dan seledri ditambahkan ke dalam sup setelah daging hampir empuk. Sayuran akan matang dan menyerap kaldu dari daging, sehingga menghasilkan sup yang lebih kaya rasa.

Urutan langkah-langkah pembuatan yang tepat akan menghasilkan sup iga sapi bening ala resto yang memiliki cita rasa yang seimbang, gurih, dan menggugah selera. Langkah-langkah ini juga akan menghasilkan tekstur sup yang pas, tidak terlalu kental atau terlalu encer, serta daging yang empuk dan sayuran yang matang sempurna.

Tips

Tips dalam resep sop iga sapi bening ala resto merupakan aspek penting yang dapat meningkatkan kelezatan dan kualitas sup yang dihasilkan. Tips ini mencakup berbagai aspek, mulai dari pemilihan bahan, teknik memasak, hingga penyajian.

  • Pemilihan Bahan

    Tips pemilihan bahan meliputi pemilihan iga sapi yang tepat, jenis sayuran yang sesuai, dan bumbu-bumbu yang berkualitas. Pemilihan bahan yang baik akan menghasilkan sup yang lebih gurih dan kaya rasa.

  • Teknik Memasak

    Tips teknik memasak meliputi cara menumis bumbu, merebus daging, dan menambahkan sayuran. Teknik memasak yang tepat akan menghasilkan sup yang bening, daging yang empuk, dan sayuran yang matang sempurna.

  • Waktu Memasak

    Tips waktu memasak meliputi lama merebus daging dan sayuran. Waktu memasak yang tepat akan menghasilkan daging yang empuk dan sayuran yang matang sempurna, tanpa kehilangan nutrisi dan rasanya.

  • Penyajian

    Tips penyajian meliputi penggunaan bahan pelengkap seperti bawang goreng, seledri, dan sambal. Bahan pelengkap ini akan menambah cita rasa dan membuat sop iga sapi bening ala resto semakin menggugah selera.

Dengan mengikuti tips-tips tersebut, kita dapat menghasilkan sop iga sapi bening ala resto yang memiliki cita rasa yang lezat, gurih, dan menggugah selera. Tips-tips ini juga akan membantu kita mengoptimalkan penggunaan bahan, teknik memasak, dan waktu memasak, sehingga menghasilkan sup yang berkualitas dan memuaskan.

Jenis iga sapi

Jenis iga sapi merupakan aspek penting dalam resep sop iga sapi bening ala resto karena menentukan tekstur dan cita rasa sup yang dihasilkan. Ada beberapa jenis iga sapi yang bisa digunakan, masing-masing dengan karakteristiknya sendiri.

  • Short ribs

    Short ribs adalah bagian iga sapi yang berasal dari bagian perut bawah. Short ribs memiliki tekstur yang empuk dan berlemak, sehingga menghasilkan kuah sup yang gurih dan kaya rasa.

  • Rib eye

    Rib eye adalah bagian iga sapi yang berasal dari bagian punggung. Rib eye memiliki tekstur yang lebih empuk dibandingkan short ribs, tetapi kadar lemaknya lebih sedikit. Rib eye menghasilkan kuah sup yang lebih ringan dan bening.

  • Chuck ribs

    Chuck ribs adalah bagian iga sapi yang berasal dari bagian leher. Chuck ribs memiliki tekstur yang lebih alot dibandingkan short ribs dan rib eye, tetapi memiliki rasa yang lebih kuat. Chuck ribs cocok digunakan untuk sup yang dimasak dalam waktu lama.

  • Plate ribs

    Plate ribs adalah bagian iga sapi yang berasal dari bagian dada. Plate ribs memiliki tekstur yang lebih alot dari chuck ribs, tetapi memiliki rasa yang lebih gurih. Plate ribs cocok digunakan untuk sup yang direbus dalam waktu sangat lama.

Pemilihan jenis iga sapi yang tepat akan menentukan karakteristik sup iga sapi bening ala resto yang dihasilkan. Short ribs cocok untuk sup yang gurih dan kaya rasa, rib eye cocok untuk sup yang lebih ringan dan bening, chuck ribs cocok untuk sup yang dimasak dalam waktu lama, dan plate ribs cocok untuk sup yang direbus dalam waktu sangat lama.

Jenis kuah

Jenis kuah merupakan aspek penting dalam resep sop iga sapi bening ala resto karena menentukan cita rasa dan tampilan sup yang dihasilkan. Ada beberapa jenis kuah yang bisa digunakan, masing-masing dengan karakteristiknya sendiri.

  • Kuah kaldu

    Kuah kaldu dibuat dengan merebus iga sapi dalam air hingga mengeluarkan kaldu yang gurih. Kuah kaldu memiliki warna bening dan rasa yang ringan, sehingga cocok untuk sop iga sapi bening ala resto.

  • Kuah santan

    Kuah santan dibuat dengan menambahkan santan ke dalam kuah kaldu. Kuah santan memiliki warna putih dan rasa yang gurih dan creamy. Sop iga sapi bening ala resto dengan kuah santan cocok untuk mereka yang menyukai rasa yang lebih gurih dan creamy.

  • Kuah tomato

    Kuah tomato dibuat dengan menambahkan tomat ke dalam kuah kaldu. Kuah tomato memiliki warna merah dan rasa yang asam dan gurih. Sop iga sapi bening ala resto dengan kuah tomato cocok untuk mereka yang menyukai rasa yang lebih asam dan segar.

  • Kuah campuran

    Kuah campuran dibuat dengan menggabungkan dua atau lebih jenis kuah, seperti kuah kaldu dan kuah santan atau kuah kaldu dan kuah tomato. Kuah campuran menghasilkan rasa yang lebih kompleks dan kaya. Sop iga sapi bening ala resto dengan kuah campuran cocok untuk mereka yang menyukai rasa yang lebih variatif.

Pemilihan jenis kuah yang tepat akan menentukan karakteristik sop iga sapi bening ala resto yang dihasilkan. Kuah kaldu cocok untuk sup yang bening dan ringan, kuah santan cocok untuk sup yang gurih dan creamy, kuah tomato cocok untuk sup yang asam dan segar, dan kuah campuran cocok untuk sup yang memiliki rasa yang lebih kompleks dan kaya.

Bumbu dan rempah

Bumbu dan rempah merupakan aspek penting dalam resep sop iga sapi bening ala resto karena memberikan cita rasa dan aroma yang khas pada sup. Bumbu dan rempah yang digunakan dalam resep ini antara lain bawang putih, bawang merah, jahe, merica, pala, dan kayu manis.

  • Jenis dan Bagian

    Bumbu dan rempah dapat berupa biji, buah, kulit kayu, atau akar. Misalnya, bawang putih dan bawang merah termasuk dalam jenis umbi-umbian, sedangkan jahe dan kunyit termasuk dalam jenis rimpang.

  • Fungsi Utama

    Fungsi utama bumbu dan rempah dalam sop iga sapi bening ala resto adalah untuk memberikan cita rasa gurih, pedas, dan aromatik. Selain itu, bumbu dan rempah juga dapat membantu mengeluarkan aroma kaldu iga sapi dan menambah nilai estetika pada sup.

  • Takaran dan Kombinasi

    Takaran dan kombinasi bumbu dan rempah sangat berpengaruh pada cita rasa sop iga sapi bening ala resto. Takaran yang tepat akan menghasilkan sup yang gurih dan beraroma, sedangkan takaran yang berlebihan dapat membuat sup menjadi terlalu pedas atau pahit.

  • Pengaruh terhadap Warna dan Tekstur

    Beberapa bumbu dan rempah dapat mempengaruhi warna dan tekstur sop iga sapi bening ala resto. Misalnya, kunyit dapat memberikan warna kuning pada sup, sedangkan lada hitam dapat memberikan tekstur yang lebih pedas.

Dengan memahami jenis, fungsi, takaran, dan pengaruh bumbu dan rempah, kita dapat menghasilkan sop iga sapi bening ala resto yang memiliki cita rasa dan aroma yang khas dan menggugah selera. Selain bumbu dan rempah yang disebutkan di atas, terdapat pula bumbu dan rempah lain yang dapat ditambahkan sesuai selera, seperti daun salam, daun jeruk, dan kemiri.

Lama memasak

Lama memasak merupakan aspek penting dalam resep sop iga sapi bening ala resto karena menentukan tingkat kematangan daging, kelembutan tekstur, dan kelezatan cita rasanya. Lama memasak yang tepat akan menghasilkan sup iga sapi bening yang empuk, gurih, dan menggugah selera.

  • Lama merebus daging

    Lama merebus daging bergantung pada jenis dan ukuran daging yang digunakan. Daging iga sapi yang lebih besar dan keras membutuhkan waktu merebus yang lebih lama, bisa hingga berjam-jam, agar empuk. Lama merebus yang cukup akan menghasilkan kaldu yang kaya rasa dan daging yang mudah dilepaskan dari tulangnya.

  • Lama merebus sayuran

    Lama merebus sayuran juga perlu diperhatikan agar tidak terlalu lembek atau terlalu keras. Sayuran seperti wortel dan kentang membutuhkan waktu merebus yang lebih lama dibandingkan sayuran seperti daun bawang dan seledri. Merebus sayuran dengan waktu yang tepat akan menghasilkan tekstur yang pas dan mempertahankan nutrisi yang terkandung di dalamnya.

  • Lama menumis bumbu

    Lama menumis bumbu juga mempengaruhi cita rasa sop iga sapi bening ala resto. Menumis bumbu terlalu cepat dapat membuat bumbu menjadi gosong dan pahit, sedangkan menumis terlalu lama dapat menghilangkan aromanya. Lama menumis yang tepat akan menghasilkan bumbu yang harum dan gurih, yang akan memperkaya cita rasa sup.

  • Lama merebus keseluruhan

    Lama merebus keseluruhan sop iga sapi bening ala resto bergantung pada preferensi pribadi dan jenis masakan yang diinginkan. Jika ingin menghasilkan sup yang lebih bening dan segar, lama merebus bisa lebih singkat. Sedangkan jika ingin menghasilkan sup yang lebih gurih dan kaya rasa, lama merebus bisa lebih lama. Lama merebus keseluruhan yang tepat akan menghasilkan sop iga sapi bening yang sesuai dengan selera dan harapan.

Dengan memahami dan memperhatikan lama memasak pada setiap tahapan pembuatan sop iga sapi bening ala resto, kita dapat menghasilkan sup yang memiliki cita rasa yang lezat, tekstur yang empuk, dan tampilan yang menggugah selera. Lama memasak yang tepat akan menghasilkan sop iga sapi bening ala resto yang berkualitas dan memuaskan.

Penyajian

Penyajian merupakan aspek penting dalam resep sop iga sapi bening ala resto karena dapat meningkatkan daya tarik dan kelezatan sup secara keseluruhan. Penyajian yang baik dapat membuat sup terlihat lebih menggugah selera dan menggugah nafsu makan.

Dalam resep sop iga sapi bening ala resto, penyajian dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti:

  1. Menata daging dan sayuran dalam mangkuk dengan rapi dan menarik.
  2. Menambahkan taburan bawang goreng dan seledri cincang untuk menambah aroma dan warna.
  3. Menyajikan sop dalam mangkuk atau piring yang bersih dan hangat.
  4. Menyediakan sambal atau kecap sebagai pelengkap bagi yang menyukai rasa pedas atau asin.

Penyajian yang baik juga harus memperhatikan aspek estetika, seperti penggunaan warna yang kontras dan penataan yang seimbang. Dengan penyajian yang tepat, sop iga sapi bening ala resto dapat menjadi hidangan yang tidak hanya lezat tetapi juga mengesankan.

Secara praktis, penyajian yang baik dapat memberikan manfaat sebagai berikut:

  1. Meningkatkan selera makan
  2. Membuat sup terlihat lebih menarik dan menggugah selera
  3. Menambah nilai estetika pada hidangan
  4. Memberikan pengalaman bersantap yang lebih menyenangkan

Oleh karena itu, penyajian merupakan faktor penting yang tidak boleh diabaikan dalam resep sop iga sapi bening ala resto.

Tanya Jawab Resep Sop Iga Sapi Bening Ala Resto

Bagian Tanya Jawab ini berisi pertanyaan-pertanyaan umum dan jawabannya mengenai resep sop iga sapi bening ala resto. Pertanyaan-pertanyaan ini mengantisipasi permasalahan atau keraguan yang mungkin timbul saat memasak hidangan ini.

Pertanyaan 1: Jenis iga sapi apa yang paling cocok untuk resep ini?

Jawaban: Iga sapi bagian short ribs sangat direkomendasikan karena teksturnya yang empuk dan berlemak, sehingga menghasilkan kuah sup yang gurih dan kaya rasa.

Pertanyaan 2: Berapa lama waktu merebus iga sapi agar empuk?

Jawaban: Lama merebus iga sapi bervariasi tergantung ukuran dan jenisnya. Umumnya, rebus selama 1-2 jam hingga daging empuk dan mudah dilepaskan dari tulang.

Pertanyaan 3: Apa saja jenis sayuran yang bisa ditambahkan ke dalam sop iga sapi bening?

Jawaban: Sayuran yang umum digunakan antara lain wortel, kentang, dan seledri. Sayuran-sayuran ini memberikan rasa manis, tekstur renyah, dan aroma segar pada sup.

Pertanyaan 4: Bagaimana cara membuat kuah sop bening dan tidak keruh?

Jawaban: Untuk mendapatkan kuah yang bening, hindari mengaduk sup terlalu sering. Selain itu, gunakan api kecil saat merebus dan buang buih yang muncul di permukaan.

Pertanyaan 5: Apa saja tips untuk membuat sop iga sapi bening yang lezat?

Jawaban: Gunakan bahan-bahan berkualitas baik, masak dengan kesabaran, dan jangan ragu bereksperimen dengan bumbu dan rempah. Penyajian yang menarik juga akan menambah kelezatan sop.

Pertanyaan 6: Berapa lama sop iga sapi bening bisa disimpan?

Jawaban: Sop iga sapi bening dapat disimpan di lemari es selama 2-3 hari. Namun, sebaiknya dipanaskan kembali sebelum disajikan untuk menjaga kualitas rasanya.

Dengan mengikuti tips dan menjawab pertanyaan dalam bagian ini, Anda dapat membuat sop iga sapi bening ala resto yang lezat dan menggugah selera. Selanjutnya, kita akan membahas tentang manfaat mengonsumsi sop iga sapi bening bagi kesehatan.

Pelajari manfaat kesehatan dari sop iga sapi bening ala resto pada bagian selanjutnya.

Tips Membuat Sop Iga Sapi Bening Ala Resto

Bagian Tips ini menyediakan panduan praktis untuk membantu Anda membuat sop iga sapi bening ala resto yang lezat dan menggugah selera. Berikut adalah beberapa tips yang harus diperhatikan:

Tip 1: Pilih Iga Sapi Berkualitas
Pilih iga sapi bagian short ribs karena teksturnya yang empuk dan berlemak, sehingga menghasilkan kuah yang gurih dan kaya rasa.

Tip 2: Rebus Iga dengan Sabar
Rebus iga sapi dengan api kecil selama 1-2 jam atau hingga daging empuk dan mudah dilepaskan dari tulang. Hindari merebus dengan api besar karena dapat membuat daging alot.

Tip 3: Gunakan Sayuran Segar
Pilih sayuran segar seperti wortel, kentang, dan seledri untuk menambah rasa manis, tekstur renyah, dan aroma segar pada sup.

Tip 4: Buat Kuah Bening
Untuk mendapatkan kuah yang bening, hindari mengaduk sup terlalu sering. Selain itu, gunakan api kecil saat merebus dan buang buih yang muncul di permukaan.

Tip 5: Bumbui Sesuai Selera
Jangan ragu untuk bereksperimen dengan bumbu dan rempah untuk menyesuaikan rasa sop dengan selera Anda. Bawang putih, bawang merah, jahe, merica, dan pala adalah beberapa bumbu dasar yang bisa digunakan.

Tip 6: Sajikan dengan Menarik
Tata sop iga sapi bening dengan rapi dalam mangkuk dan tambahkan taburan bawang goreng serta seledri cincang untuk mempercantik tampilan.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat membuat sop iga sapi bening ala resto yang tidak hanya lezat tetapi juga menggugah selera. Tips-tips ini akan membantu Anda menghasilkan sup yang bening, gurih, dan kaya rasa, seperti yang disajikan di restoran.

Pada bagian selanjutnya, kita akan membahas manfaat mengonsumsi sop iga sapi bening bagi kesehatan.

Kesimpulan

Resep sop iga sapi bening ala resto yang telah diulas dalam artikel ini memberikan panduan lengkap untuk membuat sup iga sapi bening yang lezat dan menggugah selera seperti yang disajikan di restoran. Artikel ini menyoroti pentingnya pemilihan bahan berkualitas, teknik memasak yang tepat, dan penyajian yang menarik.

Beberapa poin utama yang perlu diingat adalah:

  1. Pemilihan iga sapi yang tepat, seperti short ribs, sangat penting untuk menghasilkan kuah yang gurih dan kaya rasa.
  2. Merebus iga dengan sabar dengan api kecil akan menghasilkan daging yang empuk dan mudah dilepaskan dari tulang.
  3. Penggunaan sayuran segar dan bumbu yang sesuai akan menambah rasa, tekstur, dan aroma pada sup.

Dengan mengikuti panduan dan tips yang diberikan dalam artikel ini, Anda dapat membuat sop iga sapi bening ala resto yang tidak hanya lezat tetapi juga sehat dan bergizi. Cobalah resep ini di rumah dan nikmati kelezatannya bersama keluarga dan teman.

sddefault



Images References :