Cara Membuat Terong Balado

Penciptaan dapur Nusantara yang tidak asing lagi di telinga kita adalah Terong Baren. Rasanya gurih dan cara membuat terong balada juga sangat mudah menjadikan makanan ini menjadi favorit banyak orang. Selain itu, terong juga merupakan salah satu sayuran yang dijaga tubuh, sehingga baik dikonsumsi setiap hari. Seperti yang kami jelaskan sebelumnya, ini menjelaskan apa manfaat terong bagi tubuh kita.

Terong dapat diolah dalam berbagai menu makanan lezat dengan beragam campuran herbal dan sayuran lainnya, sebagai salah satu contoh resep terong renyah lezat yang bisa Anda nikmati bersama terong pedas Balado. Pada kesempatan ini, Ruang Makan akan berbagi resep tentang cara membuat rasa terong pedas Baren dan rasa yang tak tertandingi.

Bahan dan bumbu yang digunakan sangat mudah ditemukan dan terjangkau. Menggunakan staples terong, kami memilih untuk menggunakan terong ungu. Karena Terong Balada menggunakan Terong Ungu, rasanya lebih enak daripada Terong Hijau. Bagi Anda yang belum pernah mencoba memasak Terong Balado, Anda tidak perlu khawatir tidak memasaknya, karena Cara membuat Terong Balado sangat mudah dan tidak memerlukan banyak waktu.

Cara membuat terong Balado memiliki serangkaian trik yang harus kita perhatikan, yaitu, sebelum memasaknya, terong harus digoreng terlebih dahulu dan agar bumbu-bumbu tersebut direndam dalam piring, kemudian ambil terong Balado dengan saus air, yaitu cukup selama proses memasak. Tentu saja, bagi para ahli dapur sudah tahu metode ini. Resep sederhana yang memiliki cita rasa luar biasa.

Keuntungan yang kita dapatkan ketika kita memasak di rumah adalah kita dapat mengontrol rasanya sesuai dengan selera kita, dan yang terpenting, kita dapat mengklasifikasikan dan memilih bahan-bahan yang akan digunakan, serta tingkat kebersihan hidangan yang akan kita proses. Sehingga kita bisa menjaga diri kita dan keluarga dengan makanan yang berbahaya bagi tubuh.

Cara membuat Balada Terong yang akan kami sajikan dalam resep kali ini, kami segera memeriksanya sepenuhnya sehingga Anda dapat memahaminya dan mencobanya sendiri di rumah. Berikut adalah resep lengkap tentang cara memasak terong Balado pedas lezat yang akan melayani Anda. Silakan lihat resep berikut.
Cara Membuat Terong Balado

Cara Membuat Terong Balado :


  1. Siapkan 2 Buah Terong Ungu ukuran sedang
  2. Siapkan 1 Buah Bawang Bombay ukuran sedang (iris sesuai selera) (bila suka)
  3. Siapkan 5 Siung Bawang Merah
  4. Siapkan 2 Siung Bawang Putih
  5. Siapkan 7 Cabai Merah (pilih yang gemuk)
  6. Siapkan 8 Cabai Rawit (bila suka pedas)
  7. Siapkan 1 Butir Kemiri
  8. Siapkan 1 Ruas Jari Terasi (goreng sebentar saja)
  9. Siapkan Garam secukupnya
  10. Siapkan Gula Merah secukupmya
  11. Siapkan Minyak Goreng Secukupnya
  12. Siapkan Air Putih 1 gelas besar atau secukupnya
  13. Siapkan Penyedap Rasa (saya pakai Masako Ayam)

Cara Membuat Terong Balado :

  1. Langkah pertama cuci bersih Terong Ungu, kemudian potong memanjang dengan besar sesuai selera, kulit jangan dikupas. Kemudian goreng Terong hingga kecoklatan, tiriskan.
  2. Langkah kedua, bersihkan cabai merah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih kemudian rebus hingga terlihat melunak. Angkat dan tiriskan.
  3. Langkah ketiga, Uleg cabai merah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih yang sudah direbus tadi bersamaan dengan garam, dan terasi yang telah digoreng, serta kemiri. Uleg hingga halus dan merata.
  4. Langkah keempat, siapkan wajan berisi minyak goreng secukupnya untuk memasak, kemudian masukkan bawang bombay yang telah di iris hingga harum, lalu masukkan bumbu halus, aduk hingga merata dan harum, selanjutnya masukkan gula merah secukupnya, aduk dan masukka air putih, kemudian aduk lagi hingga merata dan mendidih. 
  5. Langkah kelima, masukkan penyedap rasa, aduk hingga merata, lalu koreksi rasa, apabila kurang manis, kurang asin maka segera tambahkan gula atau garam. Jika rasa sudah sesuai selera segera masukkan Terong Ungu yang telah digoreng tadi, aduk hingga merata, kemudian ungkep dengan cara menutup wajannya dengan tutup panci, tunggu beberapa detik hingga air mulai menyusut. Jangan lupa sembari dilihat dan diaduk agar bumbu tercampur merata. 
  6. Jika kuah sudah mulai menyusut atau tersisa sedikit, maka matikan pi dan segera sajikan menggunakan piring saji yang cantik. Hias masakan Anda agar lebih menggoda selera.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Terong Balado "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel